EXPOSE

KURSUS KOMPUTER MENERIMA SISWA SD,SMP, SMA, KULIAH & UMUM PROGRAM : -APK ( MS, WORD,EXCEL,P.POINT) -DESAIN GRAFIS ( PHOTOSHOP, CORELDRAW, AUTOCAD) -PERAKITAN KOMPUTER -DLL PENDAFTARAN : Rp. 50000,- IURAN SMP : 50.000 Per Bulan IURAN SMA : 75.000 Per Bulan Alamat : Jl. Raya Cisoka Megu Kp. Secang Dpn SMA Nurul Huda Phone : 02198674861 / 083878717936

Rabu, 13 Februari 2013

Bikin sendiri booster lampu murah untuk motor kelistrikan DC

Bikin sendiri booster lampu murah untuk motor kelistrikan DC ...

Halo sobat bikers, setelah sebelumnya Warung Perak menyajikan paket booster + stabilizer 2 in 1 lampu murah untuk motor kelistrikan AC, maka kali ini Warung Perak akan menyajikan bagaimana kita dapat membuat sendiri booster lampu untuk motor kelistrikan DC (misalnya : Vixion, Tiger, Megapro, Byson, Ninja 250, Thunder, Vario 125, Bajaj XCD/Pulsar 135, kymco spike/trend2000/grand dink) dan digaransi menambah terang lampu +- 20%
Seperti biasanya, sesuai motto Warung Perak bahwa sesuatu yang berkelas tidak musti mahal, maka booster lampu yang akan WP buat saat ini pun murah pastinya. Namun booster kali ini bukan rancangan orisinal dari Warung Perak karena model ini sudah jamak digunakan oleh banyak pihak, mulanya dipakai oleh mobil.
Pertama-tama kita perlu membeli barang-barang yang diperlukan terlebih dahulu :
1. Relay mobil/ otomotif/ relay klakson kotak 4 & 5 kaki masing-masing 1 buah , merek terserah, tidak perlu sampai yang mahal-mahal, arus di motor kan tidak terlalu besar (harga 10rb - 40rb an x2)
2. Kabel-kabel, usahakan banyak warna + tebal kawat dalemannya, panjang secukupnya.
3. Soket tancap model cewek + covernya x9 untuk kaki-kaki relay.

ini komponen utama booster kita *courtesy : saft7.com
Nah, untuk merakitnya sangat mudah dan sederhana, pertama-tama buat yang belum kenal sama relay kita kenalan dulu sama nama kaki-kakinya, kaki relay pada dasarnya ada 4 yakni kaki 30, 85, 86, 87 sedang untuk yang 5 kaki ditambah satu lagi yakni 87a. Mengidentifikasi kaki-kaki ini penting agar pemasangan jangan sampai terbalik. Jangan kuatir karena nama kaki-kaki ini sudah jelas tertulis pada bagian bawah badan relay, misalnya seperti ini untuk relay 5 kaki :
nama kaki2 tercantum di bawah badan relay

nama kaki2 untuk relay 4 & 5 kaki
Lalu untuk cara menyusunnya, untuk mudahnya dapat mengikuti skema berikut ini :
*Thanks to Bro Andreyan (08andreyan20.blogspot.com)
Selesai, rasakan langsung bedanya. Mungkin bro bertanya-tanya, kok bisa rangkaian relay seperti ini jadi booster tambah terang lampu, dan apa efek sampingnya :
Relay sebetulnya adalah sebuah saklar elektromagnet, sama saja seperti saat kita menekan saklar untuk mematikan dan menyalakan dengan jari hanya saja peran jari kita digantikan oleh arus listrik yang berfungsi sebagai trigger. Cara kerja rangkaian diatas adalah arus lampu di bypass sehingga disediakan langsung oleh aki, pada motor kelistrikan DC hal ini sangat memungkinkan karena memang pada prinsipnya arus untuk lampu utama diambil dari aki bukan dari sepul dan kita akan meningkatkan potensinya berkali lipat sambil justru menghemat aki.
Terang dan hemat listrik, bukankah itu yang kita inginkan ? 
Berkat rangaian ini, kini arus yang biasanya melewati kelistrikan standar yang dipakai untuk menyalakan lampu hanya dipakai sebagai trigger sehingga arus terpakai mendekati 0 (+-0,5A), arus sebenarnya yang menyalakan lampu diambil langsung dari aki melalui sebuah jalur "jalan tol" bebas hambatan karena tidak perlu numpang melalui mekanisme komponen kelistrikan lain seperti CDI, flasher, dll di motor.
Wah, berarti aki bisa tekor donk?
Justru sebaliknya bro, kini beban kelistrikan untuk menyalakan lampu menjadi lebih enteng dari standar, sehingga konsumsi listrik ditekan minimal, selain itu kini saklar-saklar lampu di motor sampeyan tidak lagi harus menerima beban berat arus listrik untuk lampu utama, dimana peran saklar sudah diambil alih oleh relay yang memang sudah dirancang untuk tegangan tinggi. 
Efeknya :
Efek sampinganya ente bisa rasakan langsung kelistrikan motor menjadi lebih awet, cdi, saklar, aki, kiprok, kabel, bahkan klakson dan semuanya menjadi lebih panjang umur dan lebih efisien. Dan untuk pancaran sinar lampu, sudah pasti lebih terang karena bandwith listriknya jauh lebih besar.
Mudah dan murah bukan...

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com