EXPOSE

KURSUS KOMPUTER MENERIMA SISWA SD,SMP, SMA, KULIAH & UMUM PROGRAM : -APK ( MS, WORD,EXCEL,P.POINT) -DESAIN GRAFIS ( PHOTOSHOP, CORELDRAW, AUTOCAD) -PERAKITAN KOMPUTER -DLL PENDAFTARAN : Rp. 50000,- IURAN SMP : 50.000 Per Bulan IURAN SMA : 75.000 Per Bulan Alamat : Jl. Raya Cisoka Megu Kp. Secang Dpn SMA Nurul Huda Phone : 02198674861 / 083878717936

Rabu, 13 Februari 2013

TEHNIK MEMBUAT CDI RACING DENGAN MODAL RIBUAN

Bikin booster kelistrikan

Nah, pertama sobat pasti udah pada tau piranti booster kelistrikan premium yang sudah banyak dijual di pasaran kan ? Yap, pengaplikasiannya secara signifikan mampu mengawetkan aki, bikin klakson lebih nyaring, sama bikin lari motor lebih kencang dan bertenaga.

ini yang bakal kita bikin, dengan cara mc.gyver
Nah, sekarang kita bakal buat yang fungsi dan kemampuannya sama persis kayak gitu, tentunya dengan modal duit sekitar 1/8 - nya saja? Anda berminat ? Oke..., baca terus.

Pada dasarnya booster kelistrikan adalah bersifat kapasitansi (kapasitor) yang berfungsi sebagai pembangkit daya reaktif. Untuk penjelasan bagaimana kapasitor bisa berpengaruh signifikan pada rangkaian listrik susah untuk diterangkan lewat artikel ini, kepanjangannn men, yang ada ente malah mumet kalau belum sama sekali menyentuh ilmu elektronika, tapi kalau emang mau tau lebih detail, monggo ente bisa baca lebih lengkap disini.

Nah, dari hasil perhitungan rumus dasar cos r = pf = P (kW) / S (kVA) ........(1)  P (kW) = S (kVA) . cos r................(2) , yang dijabarkan bla..bla..bla (tadinya niat mau tampilin itungannya disini, tapi tapi takut marai mumet, jadi ya percaya aja lah ya sama ane :D), maka gue menemukan bahwa kapasitas kapasitor yang dapat secara optimal mendukung kinerja kelistrikan motor adalah minimal berukuran 10.000 uF (baca: 10.000 mikro farad) Diulang biar ga lupa : 10.000 MIKRO FARAD (masalahnya ente ntar ke toko listrik jgn sampe keliru nyebut, wkwkwk)

Nah, piranti utama yang bakal kita beli adalah suatu komponen elektronika yang bernama electrolyt capacitor atau elco. Diulang lagi biar ga lupa : ELCO (:D), bukan apa-apa soalnya kapasitor itu banyak jenisnya, nah kali ini yang bakal kita beli adalah ELCO kapasitas 10.000 MIKRO FARAD dengan tegangan kerja minimal 50V. ELCO adalah jenis kapasitor DC, dan digunakan disini sebagai booster kelistrikan DC pula, nah ada pula kapasitor AC, gunanya di motor juga SPEKTAKULER asal tau rahasianya :D, nanti ane beritahu di artikel berikutnya kalo ane lagi bermurah hati, hehehe...

Balik ke ELCO, nah bentuknya kurang lebih kayak gini nih :


Oke cukup beli 1, harganya sekitar Rp20.000,- s/d Rp40.000,- tergantung merk , lumayan kan kalau dibanding booster kelistrikan sejenis yang bisa diatas Rp200.000,-. Selanjutnya ente jangan lupa juga beli kabel dan konektor untuk menghubungkan kapasitor ke aki. Nah, tinggal merakit. Sambung kaki-kaki ELCO ke kabel, ingat jangan terbalik karena ELCO punya kaki positif dan negatif. Kaki negatif ditandai dengan marking pada badan ELCO berupa strip-strip minus, ente bisa liat dibawah ini :

Ayo anak-anak, yang mana kaki negatifnya?, yang kanan pak guruu, pinterrr...
Nah, kalo udah, tinggal dihubungin deh masing-masing kabel negatif dan positif dari elco ke kutub negatif dan positif aki. AWAS, jgn sampai kebalik, kalau kebalik ELCO bisa MELEDAK. Walaa..., selesai. Rasakan khasiatnya, josss.... Booster ini akan mengoptimalkan kinerja semua komponen kelistrikan motor yang bertipe DC, ya maka dari itu jika pengapian menganut DC, lari motor bakal jauh lebih joss, sementara kalau lampu-lampu yang menganut kelistrikan DC maka bakal lebih silau menn, termasuk raungan klakson lebih nyaring bunyinya :D. Dan hebatnya, pengaruh itu bisa dirasakan langsung setelah anda memasang booster ini. Tapi sementara nggak bakalan ngefek ke rangkaian yang bersifat AC seperti misalnya lampu bagi kebanyakan motor Jepang dan pengapian AC bagi beberapa motor.

Trus ada nggak yang bisa bikin kelistrikan AC lebih joss?, Ya ada lahh, bahannya kapasitor juga, tapi khusus, dan pengaplikasiannya bakal agak berbeda dengan yang kita buat sekarang.
BTW, ini dia booster DC ver.advanced yang udah jadinya di CS1 a.k.a kilatperak ane, boleh diadu dengan yang harganya 200-an ribu keatas, hehe :


Selamat mencoba,SEMOGA BERMANFAAT ????

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com